6 Cara Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Tidur, terutama pada malam hari sejatinya adalah kebutuhan manusia, sekaligus saat untuk relaksasi setelah menjalani seluruh aktivitas sepanjang hari. Idealnya, setiap individu membutuhkan waktu istirahat malam 8 jam per hari. Namun, tingginya tingkat stress, atau faktor pendukung lainnya mudah sekali membuat kebanyakan orang susah untuk tidur nyenyak.

1. Buat ruangan anda “Ramah Kantuk”

Maksudnya adalah anda membuat ruangan anda senyaman mungkin untuk anda tidur. Tidak perlu banyak biaya kok, cukup buat ruangan anda gelap, sunyi dan sejuk. Ketiga hal ini terbukti efektif membangkitkan rasa kantuk anda.

2. Suhu Ruangan yang Tepat

Ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa mengganggu tidur anda. Karena itu pastikan ruangan sejuk. Jika anda menggunakan Kipas angin ataupun AC, disarankan untuk tidak diarahkan langsung ke tubuh anda. Sirkulasi udara juga perlu diperhatikan, karena itu pastikan kamar anda memiliki ventilasi udara yang baik dan biasakan membuka jendela kamar anda di pagi hari agar ruangan tidak pengap dan lembab.

3. Jauhkan Gadget

Menurut Dr Allen Towfigh, MD, direktur medis dari New York Neurology & Sleep Medicine, PC, New York City, seperti dilansir oleh Republika.co.id, penggunaan gadget sebelum tidur, seperti memeriksa pesan atau sosial media di ponsel, anda sudah merusak ritme alami dari melatonin. Melatonin adalah hormone yang membantu mengatur waktu tidur dan bangun. Nah mulai sekarang, jauhkan gadget anda sebelum pergi tidur ya.

4. Hindari makan sebelum tidur

Makan sesaat sebelum tidur dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Hal ini membuat aktivitas otak, terutama pada saat REM (Rapid Eye Movement) yang akhirnya membuat seseorang mimpi buruk. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi gula dan kafein sebelum tidur karena kedua kandungan ini adalah stimulant yang dapat membuat anda susah tidur.

5. Quality over Quantity

Apabila anda sudah 20 menit mencoba untuk tidur namun tetap terjaga, sebaiknya anda coba untuk beraktivitas ringan, seperti ke toilet, membaca buku sedikit, atau minum secangkir jahe hangat. Karena lebih baik anda tidur 7 jam penuh, daripada tidur 8 jam tapi tidak sepenuhnya terlelap.

6. Minum Air Putih

Ketika tidur, tubuh kita beristirahat dan beregenerasi. Segelas air putih yang diminum sebelum tidur membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik, mencegah kulit kering yang dapat menyebabkan keriput, dan juga membantu proses pembuangan racun.

Selamat mencoba dan jaga kesehatan anda bersama Kangaroo healthy home appliances!


Baca juga : Waktu Paling Tepat untuk Minum Air


  

Share!