7 Cara Merawat Rice Cooker Anda

Bagi kebanyakan ibu rumah tangga pasti sering mengalami repotnya menyiapkan sarapan di pagi hari sekaligus bersiap ke kantor, belum lagi bagi yang sudah punya buah hati, pagi hari menjadi saat-saat paling sibuk. Penggunaan rice cooker untuk memasak nasi bisa sedikit meringankan beban, karena selain instan, beberapa rice cooker saat ini sudah dilengkapi dengan fitur penghangatan otomatis yang juga dapat digunakan untuk menghangatkan lauk pauk. Lalu bagaimana cara merawat alat elektronik yang telah membantu pagi hari anda ini? Berikut ini adalah tips dari Kangaroo

 

1. Baca Buku Panduan

Kelihatannya sepele, namun tidak ada salahnya membaca buku panduan sebelum menggunakan sebuah produk. Karena walaupun sama-sama rice cooker, namun beda model, beda produsen terkadang memerlukan perawatan yang berbeda satu dengan lainnya. Namun, bagi anda yang baru pertama kali menggunakan rice cooker elektrik, membaca buku panduan dapat sangat membantu anda merawat rice cooker.

2. Ikuti Batas Takar

Setiap rice cooker memiliki kapasitas masing-masing (Rice Cooker Kangaroo, tersedia 2 pilihan 1,8 liter dan 2 liter). Isilah air hingga skala yang ditentukan di pot, anda juga bisa menggunakan gelas ukur yang tersedia didalam. Ini akan membantu anda memasak lebih mudah dan cepat, tanpa harus memperkirakan ulang takaran yang diperlukan.

3. Hindari Tempat Basah

Anda dapat meletakkan dan menyimpan rice cooker dimana saja, namun hindari tempat yang lembab dan basah, untuk menghindari terjadi korsleting.

4. Langsung bersihkan setelah pemakaian

Selalu cuci dan keringkan rice cooker setiap sore hari setelah anda sudah tidak menggunakannya lagi. Tips ini selain membuat rice cooker bebas bau dan mencegah bakteri muncul, dapat membuat rice cooker lebih awet.

5. Bersihkan menyeluruh

Agar rice cooker tidak berbau dan korosi, bersihkan bagian per bagian. Seperti bagian inner pot, lid atau penutup, tub penguapan, dan alat penampung uap, harus dijaga kebersihannya. Salah satu kelebihan rice cooker Kangaroo, anda dapat melepas bagian-bagian ini sehingga memudahkan anda untuk membersihkan rice cooker.

6. Hindari menyimpan makanan terlalu lama

Nasi atau lauk yang disimpan lebih dari satu hari pada wadah tertutup seperti rice cooker dapat mengundang pertumbuhan bakteri, jadi apabila anda sudah tidak menggunakan rice cooker (penghangat/penanak) lebih baik makanan tersebut anda pindahkan ke wadah lain.

7. Hindari penggunaan benda tajam dan terbuat dari besi

Kebanyakan rice cooker saat ini sudah dilapisi bahan anti lengket pada bagian inner-pot. Seperti pada rice cooker Kangaroo yang menggunakan lapisan anti lengket dikombinasi dengan Honeycomb Technology, membuat nasi anda tidak lengket dan berkerak. Pada dasarnya lapisan anti lengket lebih mudah dibersihkan, sehingga sebaiknya hindari penggunaan sabut kawat untuk mencuci, atau penggunaan benda tajam dan kasar, agar lapisan anti-lengket tidak rusak.

Image : Rice Cooker KG 569 


 

Share!