Cerdas dan Sehat Menggunakan Wajan Anti-Lengket

Tidak dapat dipungkiri bahwa sejak pertama kali wajan anti lengket muncul di pasaran, produk ini dengan cepat mendapat perhatian dari masyarakat, khususnya para ibu rumah tangga. Bagaimana tidak? Wajan anti-lengket sangat membantu proses memasak menjadi lebih cepat dan mudah, karena masakan tidak lengket di permukaan wajan meskipun anda tidak menggunakan minyak, proses mencucipun jadi lebih mudah.

 

Meski demikian, wajan anti lengket memerlukan perawatan agar lapisan anti-lengket di permukaan wajan tetap awet dan tidak rusak sehingga membahayakan kesehatan anda dan keluarga (Baca juga : Wajan Anti Lengket, Benarkah Berbahaya? Ini Faktanya!). lalu, bagaimana perawatan wajan anti-lengket yang benar? Yuk, simak tips dibawah ini!

 

  • Lapisan anti-lengket terdapat pada permukaan wajan, jadi jauhkan dulu spatula besi anda apabila menggunakan jenis wajan ini, dan gunakan spatula yang terbuat dari kayu. Ini akan membantu kualitas wajan anda menjadi lebih tahan lama.

  • Wajan anti lengket paling baik digunakan untuk memasak dengan suhu api yang rendah hingga sedang. Jika suhu terlalu panas, apalagi mencapai 500 Fahrenheit, dapat membuat lapisan anti-lengket menguap. Uap yang dihasilkan dapat mengandung zat karsinogen yang berbahaya bagi kesehatan apabila dihirup.

  • Hindarkan wajan anti-lengket anda dari perubahan suhu yang ekstrim, seperti langsung membilas wajan dengan air dingin sesaat setelah selesai memasak. Perubahan suhu secara ekstrim ini dapat mengakibatkan lapisan anti-lengket cepat rusak. Lagipula, wajan anti-lengket yang berkualitas baik tidak akan meninggalkan kerak lengket, sekalipun beberapa jam setelah memasak.

  • Cucilah wajan menggunakan sabun dan sponge pembersih yang lembut, penggunaan sabut kawat dapat merusak permukaan wajan

  • Saat menyimpan wajan, sebaiknya digantung daripada ditumpuk dengan peralatan memasak lainnya. Apabila ruang terbatas dan terpaksa harus ditumpuk, sebaiknya lapisi dengan handuk kertas atau kain lembut.

 

Wah, ternyata merawat wajan anti-lengket tidak susah ya? Memang diperlukan sedikit usaha lebih untuk mencapai hasil yang maksimal, termasuk dalam menggunakan wajan anti-lengket. Namun, bisa dijamin memasak jadi lebih mudah dan wajan andapun akan lebih tahan lama. Karena memang tidak ada waktu yang pasti kapan anda harus mengganti wajan atau peralatan masak anti-lengket, tapi jika anda sudah melihat banyak goresan pada permukaan wajan tersebut, segeralah menggantinya dengan yang baru. Dan, cermatlah dalam membeli peralatan masak, khususnya yang bersifat anti-lengket. Selalu pilih peralatan memasak yang sudah terlabel “Food Grade” dan bebas dari zat dan kandungan yang membahayakan kesehatan anda dan keluarga, Kangaroo contohnya, produsen peralatan masak yang mengutamakan kesehatan ini bisa menjadi pilihan terbaik anda dan keluarga.

Happy cooking and stay healthy with Kangaroo!

 

Share!