Hindari 5 Hal Ini Agar Peralatan Memasak Anda Tahan Lama

Peralatan memasak adalah “alat perang” bagi semua ibu rumah tangga. Wajar jika para ibu rumah tangga gemar membeli peralatan memasak dan sangat hati-hati dalam memilih, baik dari segi harga maupun kualitas.  Merawat dan memakai peralatan masak anda dengan baik dan tepat akan membuat alat-alat tersebut awet dan menjaga kualitasnya agar tetap sama seperti saat pertama kali anda membelinya. Dengan begitu, anda tidak cepat bosan ataupun harus membeli berulang dalam waktu singkat, bukan?

 

 

Nah berikut ini adalah 5 kebiasaan yang harus anda hindari untuk menjaga cookware anda tetap sama seperti baru :

1. Menggunakan peralatan tajam pada permukaan anti-lengket

Kebanyakan cookware saat ini seluruh permukaannya dilapisi bahan anti-lengket. Untuk menjaga anti-lengket tersebut tidak tergores atau terkelupas, hindari penggunaan peralatan tajam seperti spatula yang terbuat dari besi, lebih baik gunakan spatula kayu atau silikon. Begitu pula saat mencuci, pilihlah sponge ketimbang sabut kawat atau sikat.

2. Merendam peralatan kayu

Merendam peralatan masak yang terbuat dari kayu, akan membuat air masuk kedalam pori-pori kayu dan membuat kayu tersebut melengkung dan membengkak apabila dalam jangka waktu yang panjang. Lem pada pegangan juga akan longgar, membuat pegangan menjadi cepat patah. Akan lebih baik jika anda langsung mencucinya sesaat setelah dipakai.

3. Tidak memanaskan wajan

Bagi anda yang lebih suka memasak menggunakan peralatan memasak yang terbuat dari stainless steel, maka tips ini cocok untuk anda. Memanaskan wajan sesaat sebelum digunakan akan membuka pori-pori pada wajan, membuat panas dan minyak merata sehingga makanan lebih cepat matang dan menghasilkan warna coklat dan tingkat kematangan yang sempurna (jika anda menggoreng/menumis) tanpa menempel atau lengket di permukaan wajan. Tes sederhananya, akan terdengar bunyi mendesis ketika anda memasukkan bahan-bahan masakan.

4. Menggunakan alat lebih dari kapasitas

Setiap cookware, blender, food processor hingga rice cooker sudah dirancang sedemikian rupa dan memiliki kapasitas tertentu. Kapasitas ini ditentukan agar kualitas dan performa alat tersebut tetap terjaga. Maka dari itu, hindari penggunaan alat lebih dari kapasitas yang telah ditentukan. Jika anda ingin memasak lebih banyak daripada kapasitas, maka disarankan agar anda membaginya menjadi 2 bagian, sehingga makanan anda terproses sempurna namun mesin tetap terjaga.

5. Tidak membaca instruksi manual

Terdengar sepele, namun anda perlu tahu bahwa produk setiap merek, setiap produsen terkadang memiliki cara perawatan yang berbeda walaupun produknya hampir sama. Selain itu, anda juga bisa tahu tips, fitur, dan fungsi peralatan tersebut sehingga anda dapat menggunakannya semaksimal mungkin.


 

Share!