Jangan Sepelekan Makan Bersama Keluarga, Ini Faktanya!

Mayoritas keluarga zaman sekarang sudah terbiasa dengan padatnya aktivitas masing-masing anggota keluarga, seperti kedua orangtua yang sama-sama berkarir, juga anak-anak yang sibuk dengan kegiatan sekolah baik formal maupun informal. Tak mengherankan jika waktu yang dimiliki untuk bersama menjadi sangat terbatas. Jangankan untuk makan bersama atau berkumpul di ruang keluarga, terkadang untuk bertemu satu sama lainpun sulit. Padahal, banyak manfaat yang didapat dari sekadar makan bersama keluarga.

 

Makan bersama keluarga adalah aktivitas paling sederhana, atau mungkin dianggap remeh bagi sebagian orang. Tahukah anda, dibalik kegiatan yang mudah dan singkat ini ternyata memiliki dampak positif yang besar tanpa anda sadari, khususnya bagi anak-anak. Berikut beberapa fakta mengenai makan bersama yang perlu anda ketahui :

1. Melancarkan komunikasi antar anggota keluarga

Sama seperti ketika anda makan bersama teman-teman ataupun klien anda, saat makan bersama adalah saat yang rileks. Anda dapat saling melontarkan obrolan ringan, seperti apa yang dialami anggota keluarga sepanjang hari itu hingga membahas masalah yang terjadi dalam keluarga, seperti nilai atau perilaku anak. Namun, hindari  penggunaan nada tinggi dan kata-kata keras, agar suasana makan tidak terganggu. Tanpa anda sadari, hanya dalam waktu yang singkat, anda bisa lebih mengenal satu sama lain dan mempererat hubungan dalam keluarga.

2. Nilai dan perilaku anak yang lebih baik

Tanpa anda sadari, makan bersama keluarga memiliki dampak psikologis yang baik bagi anak-anak anda. Hal ini kembali lagi ke nomor 1, dimana komunikasi antara anak dan orangtua lancar, dan anak menerima cukup perhatian dan kasih sayang, sehingga dapat membuat mereka termotivasi dalam bidang akademis. Orangtua pun dapat segera mengetahui masalah apa yang anak sedang hadapi. Ini juga dapat menghindarkan anak dari pergaulan yang buruk dan obat-obat terlarang.

3. Pola makan yang lebih baik

Dilansir dari kompas.com, menurut penelitian seorang calon doktor ilmu gizi di Amerika Serikat bernama Jennifer Martin-Biggers bahwa orang yang sering makan bersama keluarga cenderung memiliki pola makan yang lebih baik. Jika keluarga anda termasuk keluarga yang jarang makan bersama, cobalah diskusikan jam makan bersama, bisa dimulai dengan makan malam ataupun sarapan.

4. Kesehatan keluarga lebih terjamin

Ini sudah pasti, karena ketika anda menyiapkan makanan, anda bisa mengontrol makanan apa saja yang akan dimakan. Terutama apabila makanan yang anda masak sendiri. Selain itu, makan bersama dirumah dapat meminimalisir konsumsi junkfood dan cenderung lebih banyak memakan makanan sehat yang lebih rendah atau bebas MSG dan kandungan-kandungan lain yang berdampak buruk bagi kesehatan keluarga anda. Selain itu, dengan makan bersama anda juga dapat saling mengontrol porsi makan dan asupan gizi anggota keluarga.

5. Hemat

Tentu saja, apalagi jika makanan yang anda persiapkan adalah hasil olahan anda sendiri. Bayangkan berapa banyak yang bisa anda simpan ketimbang jajan diluar?

6. Meredakan Stress

Percaya atau tidak, makan bersama keluarga setelah menjalani aktivitas selama seharian dapat membuat kadar stress anda berkurang. Dilansir dari Kompas, menurut penelitian di Brigham Young University, mereka melakukan studi terhadap pekerja di tahun 2008, dan menemukan bukti bahwa makan bersama keluarga dapat membantu mengurangi ketegangan akibat stress pekerjaan di kantor.

 

Pada intinya makan bersama adalah langkah mudah yang dapat meningkatkan keharmonisan dalam keluarga, sesuatu yang tidak dapat dibeli dengan materi. Jadi, luangkan waktu anda dan mulailah rutin makan bersama keluarga ya!


 

Share!