Jus dan Smoothie : Serupa Tapi Tak Sama

Jus dan Smoothie, kedua nama minuman ini pasti tidak lagi asing di telinga anda. Ya, dua minuman ini kerap digemari oleh hampir semua orang, selain tidak sulit untuk membuatnya, minuman sehat ini juga bisa anda temukan di banyak tempat makan.

 

Tahukah anda bahwa jus dan smoothie adalah dua jenis minuman yang (sebetulnya) sangat berbeda? Baik dari proses pembuatannya, tekstur, hingga kadar serat. Apa yang ada dalam bayangan anda ketika menyebut “jus”? jika anda membayangkan minuman sari buah yang kental, dimana banyak daging dan serat buah yang ada didalamnya serta cukup mengenyangkan setelah dikonsumsi, maka anda sebetulnya sedang membayangkan smoothie.

 

Kelebihan smoothie adalah kaya serat dan cukup membuat kenyang, sehingga cocok untuk dijadikan sarapan di pagi hari dan berguna untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Kekurangannya, jika dibandingkan dengan jus, smoothie butuh waktu lebih lama untuk dicerna. Berbeda dengan jus yang lebih cepat diserap tubuh.

Jus dalam artian sesungguhnya adalah bagian cair dari buah dan sayuran yang telah diekstrak, teksturnya seperti air dan tidak kental. Dari segi nutrisi, satu gelas jus mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, karena untuk membuat satu gelas jus, membutuhkan sayuran dan buah yang lebih banyak daripada membuat smoothie.

 

Jika anda ingin membuat jus, maka anda membutuhkan sebuah juicer yang dilengkapi dengan ekstraktor atau anda bisa menggunakan blender andalan anda yang kemudian disaring terlebih dahulu sebelum disajikan. Sementara smoothie dibuat dengan campuran beberapa jenis buah, sayur dan susu yang kemudian diblender hingga halus dan kental. Anda juga bebas berkreasi dengan smoothie anda dengan menambahkan topping buah-buahan potong atau kacang-kacangan seperti yang dijual di banyak gerai makanan sehat saat ini.

Lalu, mana yang lebih sehat? Jawabannya relatif. Seperti kata ahli gizi dan ahli diet teregistrasi, Cynthia Sass, dilansir dari health.detik.com, "Apa yang lebih baik, smoothie atau jus? Menurut pendapat saya ada pro dan kontra untuk masing-masing minuman, sehingga yang lebih baik, kembali kepada kebutuhan pribadi masing-masing, mana yang tepat untuk Anda,".

 

Jika pemilihannya sudah sesuai dengan kebutuhan anda, maka pastikan pemilihan buah dan sayur yang cocok untuk dikombinasikan, juga gunakan blender dengan kualitas yang baik, karena kualitas blender akan mempengaruhi tekstur jus dan smoothie anda. Seperti Blender Multifungsi Kangaroo, yang terbuat dari material yang aman untuk kesehatan, dan dilengkapi dengan mata pisau yang terbuat dari stainless steel, sehingga tidak berkarat walaupun digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Dan tentunya desainnya yang elegan, cocok untuk mempercantik dapur anda.


 

Share!