Wajan Anti Lengket, Benarkah Berbahaya? Ini Faktanya!

Wajan anti lengket (Nonstick Coating Pan) dalam kebutuhan memasak, khususnya bagi para ibu rumah tangga saat ini sepertinya sudah seperti “senjata wajib” di dapur. Seperti namanya, wajan anti lengket adalah wajan yang permukaannya dilapisi dengan bahan khusus, seperti Teflon atau keramik, sehingga selain memudahkan proses memasak, wajan anti lengket juga mudah dibersihkan. Pada beberapa merek, seperti Kangaroo, menawarkan wajan anti lengket yang dimana para ibu bisa memasak tanpa menggunakan minyak. Sehingga tidak mengherankan, apabila produk ini menjadi pilihan utama sejak pertama kali diperkenalkan di pasaran.

 

 

Namun belakangan ini muncul isu bahwa wajan anti lengket diduga dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan, bahkan dapat menyebabkan penyakit kanker, benarkah?

Dari banyak berita yang beredar, bahaya wajan anti lengket berasal dari kandungan PTFE (Perfluorierten Tenside), khususnya PFOA. Beberapa jenis teflon, khususnya pada jenis teflon klasik menggunakan senyawa kimia perfluoroctansaure acid, yang lebih dikenal PFOA, sebagai elemen dominan dari lapisan wajan atau panci anti lengket tersebut. PFOA sendiri sudah diakui secara medis mengandung karsinogen yang dapat memicu penyakit kanker dan leukemia.

Pada dasarnya, PFOA memang efektif sebagai anti lengket. Tidak hanya digunakan pada wajan dan alat masak saja, kandungan ini juga digunakan dalam produksi karpet, pakaian, hingga wadah plastik. Namun, bahan ini juga termasuk rentan. PFOA sangat mudah untuk mengalami korosi jika tergores benda logam, bahan masakan yang terlalu keras seperti tulang atau kulit kerang, atau perubahan suhu mendadak dari panas ke dingin.

 

 

Berita mengenai bahaya PFOA pada wajan anti lengket ini ditegaskan oleh organisasi USA bernama Environmental Protection Agency (EPA), yang mengeluarkan peringatan di tahun 2005 untuk seluruh produsen produk alat masak anti lengket untuk berhenti menggunakan bahan PFOA sebagai lapisan anti lengket.

Menanggapi berita dan fakta yang beredar di masyarakat, para produsenpun memutar otak dan berinovasi dalam memproduksi wajan anti lengket tanpa menggunakan bahan PTFE maupun PFOA. Saat ini, sudah banyak produsen yang menyediakan peralatan masak anti lengket yang aman, salah satunya adalah Kangaroo, yang memang mengusung konsep sehat dalam setiap produk Fry Pan. Dengan demikian, andapun tidak perlu khawatir lagi tentang kesehatan anda dan keluarga, dan tetap dapat menggunakan wajan anti lengket untuk memasak. Selamat memasak dan jaga kesehatan keluarga anda dengan produk-produk berkualitas yang bebas PFOA dan PTFE.


 

Share!