fbpx

AC dan Dampaknya

02/05/2018
132 Views

Di musim panas, banyak dari kita tidak tahan hidup tanpanya, tetapi meskipun demikian, udara sejuk adalah kemewahan modern AC yang terkadang tampak membuat orang takut.

“Kami memiliki bentuk pemanasan untuk waktu yang sangat lama sebelum kami pernah memiliki AC,” kata Dr Stan Cox, ilmuwan senior di The Land Institute di Salina, Kansas, dan penulis Kehilangan Our Cool: Kebenaran yang Tidak Nyaman Tentang Air-Conditioned Kami Dunia. Cox menunjukkan bahwa baru-baru ini pada tahun 1960-an, hanya 12 persen orang Amerika memiliki semacam AC di rumah mereka. Sementara panas adalah kebutuhan mutlak bagi orang untuk hidup di iklim dingin, Cox mengatakan, AC lebih merupakan pendatang baru di depan yang dikendalikan iklim.

Dan penelitian menunjukkan bahwa sedikit ketakutan dibenarkan. “Jika Anda memiliki sistem AC yang sangat terawat atau tidak dirancang dengan baik, apakah itu di rumah atau kantor atau kendaraan Anda, itu bisa menjadi terkontaminasi dan berpotensi berbahaya,” kata Dr. Mark Mendell, seorang ahli epidemiologi dari Departemen Kesehatan Masyarakat California.

Mendell mempelajari efek kesehatan dari sistem pendingin udara sementara dengan Lawrence Berkeley National Laboratory, Departemen Energi AS. Dia mengatakan memburuknya masalah asma dan alergi adalah dua masalah kesehatan yang dapat berasal dari unit AC yang terkontaminasi. Dia juga menyebutkan fenomena yang terdengar tidak menyenangkan: sindrom bangunan sakit.

“Kami mulai melihatnya di tahun 70-an dan 80-an,” kata Mendell. “Orang-orang di gedung perkantoran mulai mengatakan bahwa bangunan itu membuat mereka sakit.”

Dia mengatakan sindrom pembangunan sakit dikaitkan dengan berbagai gejala yang tampaknya tidak berhubungan: hidung tersumbat, masalah pernapasan, sakit kepala, kelelahan dan kulit yang teriritasi. Penelitiannya sendiri telah menghubungkan sistem AC di gedung perkantoran dengan banyak dari gejala yang sama.

“Penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa mungkin ada mikroorganisme yang tumbuh dalam sistem yang mungkin memiliki efek halus pada orang-orang tertentu,” kata Mendell. “Tetapi tidak jelas berapa banyak orang yang sensitif terhadap ini atau seberapa besar masalah itu.”

Tidak seperti sistem pemanas, proses pendinginan udara panas menciptakan banyak kelembaban dan kondensasi, yang harus disalurkan, Mendell menjelaskan. Jika sistem AC Anda melakukan pekerjaan yang buruk ini, apakah karena pemeliharaan yang buruk, kerusakan atau desain yang buruk, itu bisa menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan jamur. Untuk melindungi diri sendiri, katanya, pertahanan terbaik Anda adalah unit AC yang dipelihara dengan baik dan secara rutin dilayani. (Tukang perbaikan HVAC, kamu berhutang pada orang ini!)

Tetapi Mendell juga cepat menunjukkan bahwa AC telah dikaitkan erat dengan banyak manfaat kesehatan. “Polusi udara di luar ruangan umum terjadi di lingkungan perkotaan, dan terutama di lalu lintas padat,” katanya hanya sebagai satu contoh. “AC menyaring partikel-partikel di polutan luar.”

Supaya dapat mengurangi pemakaian AC ada baiknya jika mengganti AC dengan misty fan sebab misty fan mengurangi kemungkinan buruk pemakaian AC.

Untuk pembelian dapat langsung melihat di ecommerce kami seperti bukalapak, blibli, tokopedia dan sebagainya. Bisa juga menghubungi langsung di nomor (021) 612 2588 atau langsung datang ke showroom kami yang berlamat di Jalan Mangga Dua Raya, Harco Mangga Dua, Blok P No 25, Sawah Besar, Jakarta 10730. Jadi tunggu apalagi? Dapatkan produk menarik ini sekarang juga!


HOTLINE Kangaroo IndonesiaWHATSAPP Kangaroo Indonesia