fbpx

Air Sungai di Jakarta Tercemar Berat

10/04/2018
353 Views

Air sungai di Jakarta dapat membahayakan kesehatan manusia jika dikonsumsi, karena 96 persen air tercemar berat, kata Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Pengamatan Bappenas menunjukkan bahwa 13 sungai di kota itu terkontaminasi dengan tingkat kebutuhan oksigen biokimia yang tinggi, fosfor dan nitrogen.

Kualitas dari 13 sungai itu buruk. [Observasi] menggunakan drone menunjukkan bahwa sebagian besar air tidak jernih, “kata direktur divisi irigasi Bappenas, Abdul Malik Sadat Idris, kepada kompas.com.

Kurangnya sistem sanitasi di daerah pemukiman, tambah Abdul, telah berkontribusi pada kondisi tersebut. Sementara operator air bersih (PDAM) kota hanya dapat memenuhi 55 persen kebutuhan air kota, ibu kota dilaporkan kehilangan 4 kubik meter air per detik.

Abdul meminta pemerintah kota untuk segera mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas air, menambahkan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan akan membantu membangun 72 unit sanitasi di seluruh kota.

Kota ini juga dilaporkan akan membangun 200 unit sanitasi lainnya bersama dengan jaringan pipa distribusi air, yang akan menelan biaya sekitar Rp 18,7 triliun (US $ 1,4 miliar).

 

air sungai di Jakarta tercemar berat

Tindakan Pemerintah Terhadap Air Sungai di Jakarta

Pemerintah juga didesak untuk mengevaluasi sistem penetapan harga airnya, karena sebagian besar penduduk – yang menolak menggunakan layanan PDAM karena kurangnya keterjangkauan – menggunakan air sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. (sumber: Jakartapost.com)

Para ahli air mengecam Departemen Pekerjaan Umum tentang apa yang mereka katakan sebagai penurunan kualitas air yang dialirkan ke warga Jakarta.

Firdaus Ali, seorang ahli manajemen air perkotaan dan anggota dewan pengatur mengawasi operator air kota, mengatakan pada hari Sabtu bahwa air yang diperoleh operator dari waduk Jatiluhur di Bekasi, Jawa Barat, semakin tercemar dengan industri, rumah tangga dan pertanian. limbah.

“Saya benar-benar kecewa dengan cara pemerintah menangani masalah ini,” katanya.

“Air baku yang mencapai pabrik pengolahan di Jakarta penuh dengan semua jenis bahan kimia, seperti limpasan amonia dari pertanian. Apa yang dilakukan pemerintah untuk memastikan kualitas air ini? ”

Dia mengatakan tes pada tahun 2010 menunjukkan bahwa kandungan amonia di dalam air adalah 2,9 miligram per liter, tetapi pada tahun 2011 telah meningkat menjadi 4,8 miligram per liter. (sumber: jakartaglobe.id)

Kurangnya perhatian pemerintah akan pentingnya air bersih memang membuat warga menjadi resah. Namun, Kangaroo Indonesia telah melangkah di depan dengan mengadakan RO filter air yang menjadikan air siap pakai dan layak minum.

 

kangaroo air bersih di Indonesia

Outlet Kangaroo Indonesia

Untuk mendapatkan filter air ini, anda dapat mengunjungi kami di Harco Mangga Dua blok P no 25, Jakarta Pusat atau menghubungi (021) 612-2588. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan produk ini di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, atau toko online seperti tokopedia, blibli, bukalapak, JD.ID, Lazada, Shopee, dan toko lainnya yang dapat dilihat di https://kangarooindonesia.id/lokasi-penjualan-kangaroo-indonesia.html

HOTLINE Kangaroo IndonesiaWHATSAPP Kangaroo Indonesia