Mengenal ORP (Oxidation-Reduction Potential) Pada RO Water Purifier Kangaroo

ORP adalah istilah yang sering digunakan di industri pengolahan air dan pengolahan makanan. ORP singkatan dari Oxidation-Reduction Potential. ORP Ini memiliki jangkauan antara -2,000 sampai + 2.000 dan unit berada di “mV” (milivolt).

Sensor ORP bekerja dengan mengukur oksigen terlarut. Lebih banyak kontaminan di dalam air menghasilkan oksigen terlarut karena organik memakan oksigen dan oleh karena itu menurunkan tingkat ORP. Semakin tinggi tingkat ORP, semakin besar kemampuan air untuk menghancurkan kontaminan asing seperti mikroba, atau kontaminan berbasis karbon.

Filter Oxidation Reduction Potential (ORP), juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Dengan filter ini menghasilkan air minum yang baik untuk menjaga stabilitas dan menambah metabolisme dan anti bodi pada tubuh. Sehingga tubuh lebih kuat dan tidak rentan sakit. Selain daripada itu, fungsi Filter ORP, juga untuk mencegah penuaan dini (anti aging) dan mensteril-kan racun di dalam tubuh, terutama untuk para perokok aktif dan pasif.

 

Kesimpulan

ORP biasanya diukur untuk menentukan potensi pengoksidasi atau pengurangan sampel air. Ini mengindikasikan kemungkinan kontaminasi, terutama oleh air limbah industri. ORP penting jika pengguna ingin mengetahui bahwa satu komponen sampel bertanggung jawab atas kebersihan air. Misalnya, kelebihan klorin dalam limbah cair akan menghasilkan nilai ORP positif yang besar dan adanya hidrogen sulfida akan menghasilkan nilai ORP negatif yang besar.

ORP ditentukan dengan mengukur potensial elektroda kimia-inert (platinum) yang direndam dalam larutan. Potensi elektroda penginderaan dibaca relatif terhadap elektroda referensi probe pH dan nilainya disajikan dalam milivolt (mV).

Penentuan ORP umumnya signifikan dalam air yang mengandung konsentrasi spesies aktif redoks yang relatif tinggi, misalnya garam dari banyak logam (Fe2 +, Fe3 +) dan agen pengoksidasi kuat (klorin) dan pereduksi (ion sulfit). Dengan demikian, ORP kadang-kadang dapat digunakan untuk melacak pencemaran logam di air tanah atau air permukaan atau untuk menentukan kadar klorin dari limbah cair. Namun, ORP adalah pengukuran nonspesifik, yaitu, potensi terukur adalah cerminan kombinasi efek dari semua spesies terlarut dalam medium. Karena faktor ini, pengukuran ORP dalam air lingkungan yang relatif bersih (tanah, permukaan, muara, dan laut) hanya memiliki nilai terbatas kecuali spesies aktif redoks aktif diketahui ada.

ORP membuat air lebih terionisasi, sehingga kondisi air ORP lebih mudah diserap oleh tubuh. Air ORP juga dapat menghilangkan zat-zat berbahaya dalam tubuh, sehingga air ORP sangat bermanfaat bagi para perokok atau penikmat alkohol.

Teknologi ORP terdapat pada RO Water Purifier Kangaroo tipe KG 100 HA dan KG 109 A.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *